Mengenal Penyakit Chikungunya, pencegahan dan Pengobatanya.

Penyakit chikungunya adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus chik (bukan virus HIV) hehehe, yang di bawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk yang juga penular penyakit demam berdarah. Penyakit dapat menyebabkan nyeri pada sendi, rasa ngilu pada hampir seluruh bagian tubuh dan timbul bintik bintik merah pada kulit( dan juga kurap).

Penyakit chikungunya ini sering kali menyerang masyarakat dalam jumlah besar. Tidak menutup kemungkinan 99 % dari masyarakat dalam satu desa. Pengalaman saya selama ini memang seperti itu hampir di setiap desa di tempat tinggal saya terserang penyakit yang dapat menyebabkan orang lumpuh sementara ini.

Lalu bagaimana sumber dan cara penularannya ?

Penularan demam chik ( sebutan untuk penyakit chikungunya ) terjadi apabila penderita yang sakit digigit oleh nyamuk Aedes aegypti yang sudah membawa virus chik kemudian menggigit orang lain. Cara penularannya sama seperti pada umumnya penyakit yang bersumber dari nyamuk. Biasanya juga dapat menyebar dengan cepat ke tetangga sekitar dan bahkan kabupaten sekitar.

Pengobatannya ?

Sampai dengan sekarang saya belum mendapat referensi(saya bukan dokter tp calon guru tapi kata ibu saya suntik saja n'tah suntik dimana hehehe) apa obat spesifik untuk penyakit ini. Sementara waktu hanya bersifat symtomatis artinya obati apa yang menjadi keluhan kita.

Walaupun penyakit ini jarang dapat menyebabkan kematian dan bahkan sangat kecil sekali. Tetapi bagi penderitanya di hadapkan pada rasa nyeri yang berkepanjangan, biasanya 7 – 10 hari dan akan sangat menyiksa sekali.

Bagaimana Pencegahannya ?

Karena penyakit chikungunya ini vaktornya sama dengan penyakit DBD maka prinsip dasar pencegahannya juga sama dengan pencegahan pada penyakit DBD.

Beberapa rekomendasi pencegahan yang efektif sebagai berikut :

1. Tetap laksanakan 3M Plus.
2. Cegah dengan Kentongan.
3. Cari Informasi yang benar mengenai penyakit ini.
4. Tetaplah menjaga kebersihan satu Desa atau kampong.
5. Tanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk
6. Yang paling ampuh adalah lindungi diri anda dari gigitan nyamuk.
7. setiap melihat nyamuk, santap saja sembelum anda yang disantap
8. pelihara cicak, kodok, tokek , yang bayak biar ada yang membantu memakan nyamuk dirumah anda hehehe

Komentar

  1. lagi info tentang chikungunya di SIHAT SELALU - Apa Itu Chikungunya

    BalasHapus
  2. orang malasia ya?? thanks u info tambahannya silakan berbagi info....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serombotan Makanan Khas Klungkung

Nyepi dan Secuil Kotorannya yang Perlu di Bersihkan #EarthHour #SaveBALI #SaveWorld

Guru Boleh Telat, Kenapa Siswa Tidak Boleh Telat?