Serombotan Makanan Khas Klungkung

Serombotan adalah salah satu jenis lauk pauk khas daerah Klungkung, yang dibuat dari campuran beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan dan bumbu. Serombotan dibuat untu khidangan, dimakan sebagai teman nasi dan dijualuntuk mendapat uang. Daerah pemasaran serombotan tidak terbatas hanya di Klungkung, namun telah menyebar sampai ke daerah-daerah lainnya di daerah Bali. Bahkan sudah dijual di swalayan di kota Denpasar namun keasliannya masih belum bisa menyaingi serombotan klungkung, maklum meskipun sama resep tapi aura tempat membuat makanan ini yang paling bagus adalah klungkung tentunya.
nah Serombotan ini cocok banget buat para vegetarian selain vegetarian, carnivora pun sangat cocok makan makanan ini karena dapat membantu menambah serat serta zat besi tubuh. Nah Sayur-sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan serombotan adalah kangkung, bayam, buncis, tauge, kacang panjang, kecipir, pare dan terung. Kacang-kacangan yang digunakan antara lain kacang tanah, kacang gude, kacang merah, dan kacang hijau (“kencai”), sedangkan bumbu (sambal) terdiri dari dua jenis yaitu sambal kelapa dan sambal “koples” yang sangat hot alias pedas.

Buat anda yang mau buat masakan khas Klungkung ini saya(baca:osila) akan memberikan resep untuk mebuat serombotan:

Jenis-jenis sayuran yang dipakai sebagai bahan serombotan adalah:
Kangkung 2 ikat
Bayam 2 ikat
Buncis 100gr
Tauge 150gr
Kacang panjang 2 ikat
Kecipir 2 ikat
Pare 100gr
Terung 100gr

Jenis kacang-kacangan yang digunakan antara lain:
Kacang tanah 50gr
Kacang gude 50gr
Kacang buncis 50gr
Kacang hijau (“kencai’) 50gr

Bumbu (sambal) ada dua bumbu yaitu:
Sambal Kelapa:
Kelapa 0,5 butir
Bawang putih 4 siung
Cabai besar 2 buah
Cabai kecil 2 buah
Terasi secukupnya
Kencur secukupnya
Lengkuas 3 iris
MSG 10(nah ini bisa diganti dengan gula pasir+ garam)

Sambal Koples:
Cabai 10 buah
Terasi secukunya
Garam secukupnya
Kacang tanah 50 g
Jeruk limau 1 buah
Minyak kelapa secukupnya

nah jika sudah lengkap bahan_bahan di atas sekarang cara Pembuatan Serombotan:
Pengolahan sayur-sayuran
Selain terung, sayuran disortir kemudian direbus dalam air mendidih sampai matang. Setelah matang terus ditiriskan sambil disiram dengan air dingin. Setiap jenis sayuran direbus sendir isendiri karena memerlukan lama waktu perebusan yang berbeda-beda sampai matang. Sayuran yang telah dingin (kecuali tauge) dipotong-potong lalu dicampur dengan bumbu.

Pengolahan Kacang-kacangan
Kacang tanah digoreng sampai matang, sedangkan kacang gude dan buncis direbus sampai matang. Kacang hijau dikecambahkan pendek (“kencai”)

Pembuatan Bumbu
Sambal kelapa dibuat sebagai berikut: daging kelapa diparut, kemudian disangrai. Bahan sambal kelapa lainnya digiling sampai halus. selanjutnya semua bahan sambal dicampur sehingga diperoleh sambal kelapa.
Sambal koples (sambal encer) dibuat sebagai berikut: terasi dipanggang dan kacang tanah digoreng. Semua bahan-bahan lainnaya ditambah dengan terasi panggang dan kacang tanah goreng digiling sampai halus. Selanjutnya ke dalam hasil gilingan tersebut ditambahkan dengan sedikit minyak kelapa dan jeruk limo dan air agar campuran bumbu menjadi agak encer.

Bila serombotan mau dihidangkan maka setiap jenis sayuran yang sudah dipotong-potong diambil dengan jumlah yang hampir sama, selanjutnya diberi sambal kelapa dan sambal koples secukupnya, terus dicampur dan diaduk

Biasanya serombotan yang dijual di warung-warung, swalayan dan hotel berbintang 9, untuk sayuran ditempatkan dalam nampan yang diletakkan di atas meja dan ditutup dengan daun pisang atau plastik seadanya, namun ada juga yang membiarkan terbuka. Sedangkan sambal koples dan sambal kelapa disiapkan dalam mangkuk yang tertutup. Jika ada yang ingin membeli, penjual mengambil sayuran dengan tangan( ingat dengan tangan bukan kaki) dan sambal dengan menggunakan sendok(bukan dengan ember). Serombotan biasanya disajikan di atas sebuah piring, namun bila pembeli ingin membawa pulang, serombotan biasanya dibungkus dengan daun pisang, kertas minyak atau plastik( kalau bisa jangan gunakan plastik karena bisa mengurasi rasa khasnya)

Kandungan zat giziKandungan zat gizi
kandungan zat gizi serombotan untuk setiap 100 g adalah:
Energi 87,10 kkal
Karbohidrat 8,20 gr
Protein 3,90 gr
Lemak 4,30 gr
NB: saya rekomendasikan untuk mencoba makanan khas Klungkung ini, karena maknyoooos abizzzz

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nyepi dan Secuil Kotorannya yang Perlu di Bersihkan #EarthHour #SaveBALI #SaveWorld

Festival Film Pendek Polri